Jumat, 01 Juli 2016

Pelancong Nusantara

Pengunjung Nusantara menentukan kontribusi krusial pada pemasukan pariwisata Indonesia. Pengembangan program atraksi liburan perlu disertai promosi kreatif dengan jitu sasaran.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esty Reko Astuti, Rabu (15/7/2015), dalam Jakarta, menyebut, wisatawan Nusantara menggandrungi bentuk berwisata alam juga budaya di lokasi-lokasi yang tersebar di Jawa dan Bali, mirip Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, DKI Jakarta, serta Bali. Berada pula destinasi yang berada pada Sumatera Utara juga Sumatera Selatan.

”Dalam satu kali kunjungan, pengeluaran rata-rata seorang wisatawan Nusantara Rp 750.000. Jika dikali dan jumlah kunjungan atau perjalanan, nilai pemasukan ke perekonomian pariwisata besar,” ujar Esty.

Wisata Terindah Nusantara


Bagi informasi Kementerian Pariwisata, jumlah perjalanan wisatawan Nusantara terus menghadapi kenaikan selama lima musim terakhir. Pada 2009, total perjalanan sebagai 229,73 juta serta pengeluarannya Rp 137,91 triliun. Lalu, season 2014, keseluruhan perjalanan tercatat 251,20 juta dan pengeluaran Rp 213,94 triliun.

”Tren pergerakan wisatawan Nusantara saat ini menyukai bepergian dalam ketika usai minggu yang panjang. Strata menengah di Indonesia bahkan kian beralih menuju destinasi berlibur alam ataupun budaya yang jarang dikunjungi,” ujar Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Mumus Muslim.

Ketua Umum Perhimpunan Hotel juga Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi B Sukamdani mengucap, sejak 17 Juni setelah 17 Agustus, Perhimpunan menggandeng maskapai Garuda Indonesia untuk menyelenggarakan promo Hore Vaganza. Promo berlaku di 17 kota destinasi yang dihadapi oleh rute penerbangan Garuda Indonesia, semacam Surabaya dan Medan.

Pejabat Public Relations and Marketing Communication PT Go Internet Destinations atau pegipegi.com Anggara Yudha Pratama menyatakan jika pihaknya memperoleh program liburan ke Indonesia sesi timur. Perusahaan bahkan mengajak blogger perjalanan sebagai duta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar